Tuesday, June 16, 2009

Cara belajar Photoshop

Menurut pengalaman saya, belajar photoshop itu mudah ... ya sama seperti kita belajar aplikasi-aplikasi lain seperti MS Word atau Excel. Pembuat aplikasi sudah mendesain sehingga memudahkan pengguna untuk memakai aplikasi tersebut, kita tinggal pakai aja ...

Tapi kenyataannya banyak orang yang merasa sulit dan putus asa belajar photoshop, atau merasa sudah menguasai segala-galanya tapi kok tidak bisa membuat karya yang bagus atau menang design contest.

Ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk memulai belajar photoshop, yaitu:
  1. tingkat kerumitan program photoshop, photoshop sudah mengalami perubahan yang sangat drastis dari versi 1.0 sampai 11.0 (CS4), menu dan tools sudah ratusan jumlahnya. Fungsi dan plug-ins yang puluhan jumlahnya. Sehingga untuk sekedar mengetahuinya dan merasakan apakah fungsi ini perlu atau bisa digunakan jika ... diperlukan waktu yang tidak sebentar, minimal 6 - 12 bulan, jika 1 hari belajar memakai 1 - 2 jam photoshop
  2. pengalaman kita dibidang desain grafis atau web design atau photograpy, harus memadai sehingga akan sejalan dengan program photoshop. Misalnya ada fungsi blending modes, dengan cara manual atau tradisional kita harus bisa merasakan atau pernah mencoba, sehingga apa yang kita buat bisa sesuai dengan program photoshop.
  3. kreativitas, photoshop adalah alat untuk mengembangkan kreativitas kita, hanya alat saja, semua yang dihasilkan adalah hasil dari pemikiran dan pengalaman kita.
Semoga membantu ....